Memahami SEO adalah Memahami Manusia

 

Ya, sesimpel itu.

Jika Anda bisa mengerti dan memahami apa yang diinginkan oleh pengguna mesin pencari (manusia) maka bisa dipastikan situs web Anda menjadi ranking pertama di mesin pencari.

----

Memiliki situs web yang dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari (seperti google, yahoo dan sebagainya) adalah suatu harapan bagi semua pemilik situs web. Baik situs web yang berfungsi sebagai penjualan (toko online) maupun situs web yang hanya berisi informasi/artikel.

Kita tahu bahwa sebagian besar pengguna internet selalu menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan informasi atau bahkan untuk menuju ke website tertentu. Misalnya, sering saya temui seorang teman yang akan membuka facebook, yang  sudah jelas sangat populer dengan nama domainnya www.facebook.com, tapi dia tidak membukanya langsung menuju domain dan mengetikkannya di addres bar browsernya. Melainkan dia malah mengetikannya di form pencarian google, setelah muncul di hasil pencarian google barulah dia klik menuju ke facebook.

Sebenarnya sih cara ini tidak salah, pada akhirnya sama saja menuju ke facebook juga. Tapi, kalau menurut saya alurnya jadi lebih panjang. Yang seharusnya bisa langsung ke facebook, dengan cara begitu harus membuka Google dulu baru menuju ke Facebook. Jadi, ibarat kita sudah sangat kenal dan tahu rumah teman kita si Madin, tapi saat akan ke rumah Madin kok harus tanya dulu ke rumah Pak Lurah, baru ditunjukkan atau bahkan diantar oleh Pak Lurah ke rumah Madin.

Kejadian seperti ini membuktikan bahwa sebagian besar pengguna internet sudah sangat akrab dengan google. Seakan kalau bicara internet = Google.  Itu sebabnya para pemilik website selalu berlomba-lomba untuk menempati ranking pertama pada hasil pencarian google dengan kata kunci tertentu.

Serangkaian upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan hasil pencarian di mesin pencari (google, yahoo, bing dll) disebut SEO (Search Engine Optimization).

Karena hampir semua klien yang baru membuat website atau akan membuat website selalu menanyakan bagaimana dengan SEO webnya, dan sebagian besar mereka hanya tahu sekilas tentang SEO, bahkan ada yang menurut saya salah pemahaman tentang SEO, maka melalui artikel ini akan saya uraikan tentang SEO yang lebih mudah dipahami.

 

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Sebelum jauh menjelaskan tentang SEO, kita harus sepakati dulu pemahaman bahwa Google, Yahoo, Bing, dll (yang disebut mesin pencari) adalah sebuah "produk". Ya, tentu saja para pemilik produk mesin pencari tersebut akan berlomba-lomba mendapatkan pengguna sebanyak mungkin.

Bagaimana caranya?

Tentu dengan selalu meningkatkan kualitas produknya. Nah kualitas mesin pencari akan semakin bernilai bagus jika hasil pencariannya selalu menampilkan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penggunanya (manusia). Meskipun mesin pencari bekerja dengan robot, tetapi setiap hari selalu ditingkatkan kecerdasannya hingga menjadi seperti manusia, mengerti apa yang diinginkan manusia.

Jadi, prinsip sederhananya adalah pahami apa yang diinginkan manusia (pengguna mesin pencari) maka mesin pencari pun akan menyukainya. 

Jika website kita memang bagus dan disukai manusia, maka secara otomatis juga akan memiliki nilai bagus dan disukai mesin pencari. Oleh karena itu, SEO sebenarnya bisa bekerja secara natural, tanpa diberikan perlakuan khusus pun website kita akan muncul pada hasil pencarian jika isinya memang sesuai dengan apa yang dicari oleh manusia.

Sampai hari ini, tidak ada satu pun mesin pencari yang secara resmi mengumumkan bagaimana cara mereka melakukan penilaian untuk meranking website pada hasil pencarian.  Yang ada hanya kisi-kisi atau gambaran umum, dan sisanya hasil menebak-nebak dari para pelaku SEO.

Dari beberapa gambaran umum yang menjadi penilaian mesin pencari, jika kita telaah memang prinsipnya memahami keinginan manusia. Misalnya adalah penggunaan judul yang mencerminkan isinya, menggunakan permalink yang singkat dan deskriptif, loading website cepat, tampilan website mudah dibaca dan tertata rapi.

Sekarang coba kita renungkan beberapa poin tersebut.

Judul artikel yang mencerminkan isinya, mengandung kata kunci yang kita cari, akan membuat kita mudah memastikan bahwa apa yang kita cari ada di dalam isi artikel tersebut.

Penggunaan permalink yang singkat dan deskriptif akan membuat kita mudah mengingat jika suatu hari ingin kembali membaca artikel tersebut. Misalnya permalink "http://sewudesain.co.id/index.php?=artikel=id=5"  untuk artikel tentang SEO, bagaimana menurut Anda? Susah kah membacanya? bagaiman kalau mau merekomendasikan artikel tersebut ke orang lain dan harus mengetikkan permalink nya? tentu sangat merepotkan.

 

Oleh karena itu, mesin pencari lebih menyukai model permalink yang singkat dan deskriptif. Misalnya untuk artikel tentang SEO dengan menggunakan permalink "http://sewudesain.co.id/artikel/5-seo". Kita sebagai manusia juga pasti lebih suka yang ddemikian.

 

Kemudian untuk loading website, sudah pasti kita lebih suka membuka website yang loadingnya cepat daripada yang harus menunggu proses loading lama sebelum membaca artikelnya. Bagitu pula dengan tampilan website yang tapi dan mudah dibaca, ini juga menjadi poin penting dalam SEO.

 

Bagaimana mesin pencari tahu bahwa sebuah website disukai manusia atau nyaman bagi manusia?

Mudah saja. Mesin pencari akan menilai setiap kali ada pengunjung yang membuka website tersebut berapa lama dia membukanya. Jika hanya beberapa detik lalu ditutup kembali, berarti websitenya tidak disukai. Dan semakin banyak pengujung yang membuka sebentar lalu menutupnya, maka semakin menunjukkan website tersebut tidak menarik, dan dengan demikian rankingnya pun akan diturunkan.

 

Beberapa poin penting dalam SEO mungkin akan saya sampaikan pada artikel berikutnya. Untuk artikel ini, dapat saya simpulkan bahwa jika Anda ingin mendapatkan ranking bagus pada mesin pencari, maka berikanlah sesuai yang menarik bagi manusia. Pahami keinginan manusia (pencari informasi) sama saja sudah memahami mesin pencari.

 

Jadi, fokuslah pada penyajian konten yang berkualitas. Karena website yang kami buat untuk struktur permalink sudah kami optimalkan, loading website juga kami upayakan secepat mungkin, serta tampilan yang clean dan rapi untuk setiap halaman website. 

 

Jangan Jadikan SEO sebagai satu-satunya Cara Mendapatkan Pengunjung!

Banyak cara untuk mendatangkan pengunjung ke website kita. SEO hanyalah salah satunya. Selain SEO masih ada media sosial dan media promosi lainnya. Jika Anda sebagai pemilik toko online, maka mengharapkan pengunjung hanya dari SEO saja adalah prinsip yang salah. Karena untuk toko online dapat saya katakan sangat sulit persaingannya.

 

Mengapa demikian?

Coba Anda cari kata kunci "jual laptop" di Google.com maka hasilnya akan didominasi oleh situs ecommerce raksasa, ada lazada, bhineka, tokopedia, bukalapak, yang notabene mereka sudah memiliki kredibilitas yang bagus di mata mesin pencari.

 

Jadi, untuk pemilik toko online yang belum menjadi raksasa, sebaiknya milikilah mindset pebisnis. Berani mengeluarkan modal untuk beriklan, jangan hanya mengharap dari SEO dan jangan terlalu pusing memikirkan SEO, lebih baik fokus pada penyajian produk yang berkualitas dan promosi yang tepat. Jangan habiskan waktu apalagi biaya untuk mengurusi SEO.  Sekali lagi, kalau memang website kita berkualitas, nyaman dibaca, informatif, loading cepat, jika toko online produknya berkualitas, maka secara alami pun kita bakal memiliki tempat yang bagus di mesin pencari. Percayalah..