Cara Mengedit Foto Produk yang Ideal untuk Toko Online

 

Menjual produk dengan cara online memiliki banyak kelebihan jika dibanding dengan penjualan secara ofline. Di sisi lain, ada beberapa keterbatasan yang juga sering menjadi kendala dalam penjualan online. Misalnya dalam hal meyakinkan calon customer, karena tidak bertemu langsung maka diperlukan usaha lebih untuk mendatangkan kepercayaan kepada customer.

 

Salah satu faktor penting yang bisa memberi nilai tambah produk kita di mata calon customer adalah cara penyajiannya. Foto produk adalah salah satunya. Selain bisa didukung dengan video presentasi atau video demo produk. Oleh karena itu, foto produk yang berkualitas tinggi, rapi, dan menarik akan lebih meyakinkan daripada foto yang asal-asalan, kurang jelas, blur dan mungkin pecah karena resolusi terlalu rendah.

 

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat mendukung dan memudahkan kita mendapatkan kualitas foto yang baik. Karena sudah hampir semua merk smartphone model terbaru selalu dilengkapi dengan kamera yang menghasilkan gambar yang beresolusi tinggi. Jadi, bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan foto produk yang berkualitas tinggi. 

 

Namun demikian, ada hal yang harus kita pertimbangkan selain menyajikan foto yang berkualitas kita juga perlu menghadirkan situs web (toko online) yang mudah diakses, loadingnya cepat.

 

Masalahnya, jika foto-foto produk Anda terlalu tinggi resolusinya, tanpa adanya optimasi, tanpa editing, langsung dari hasil jepretan, maka akan berpengaruh terhadap loading halaman yang berat, serta space hosting akan segera penuh.

 

Oleh karena itu, kita tetap harus menjaga kualitas foto dan tetap menjaga kualitas loading halaman web yang cepat, serta menghemat penggunaan space hosting.

Berikut ini adalah cara mudah untuk membuat foto tetap berkualitas tinggi, tapi resolusinya ideal untuk screen dan "file size" nya juga kecil.

 

Pada artikel ini saya menggunakan software Adobe Photoshop, dan saya asumsikan Anda sudah bisa menggunakan software editing foto yang populer ini. Poin pentingnya adalah :

  1. Usahakan maksimal lebar foto sama dengan lebar screen pada umumnya, yakni 1366 pixel.
  2. Gunakan Resolusi 72 pixel/inchi
  3. Gunakan cara penyimpanan Save for Web

 

Langkah-langkahnya :

Buka Adobe Photoshop, lalu drag atau open file gambar ke Photoshop. Kemudian, pastikan ukuran lebar gambar (width) tidak lebih dari 1366 pixel, dan resolusinya 72 pixel/inch.

Caranya, buka menu Image => Image Size

 

Setelah dipastikan width-nya tidak lebih dari 1366 pixel dan resolusinya 72 pixels/inchi, kemudian klik OK.

 

Lalu untuk menyimpannya, agar ukuran file tidak besar tetapi kualitas masih terjaga, maka gunakan mode penyimpanan Save For Web. Buka menu File => Save For Web. atau dengan shortcut Alt + Shift + Ctrl + S

 

Kemudian akan terbuka halaman seperti berikut untuk pengaturan Save As Type : Image Only (.Jpg), Setting JPG High

 

Kemudian beri nama file sesuai nama produk, lalu klik Save. 

 

Dengan cara seperti ini, maka akan dihasilkan gambar dengan kualitas yang tetap bagus namun dengan ukuran file menjadi kecil. Dengan demikian, halaman web tidak berat saat loading dan space hosting tidak cepat penuh. Dan tentunya dengan space hosting yang tidak terlalu besar, misalnya hanya 1GB pun dapat menampung banyak foto produk dengan kualitas bagus.

 

Oya, pada artikel ini memang saya hanya fokus pada teknik mengecilkan ukuran file dengan tetap menjaga kualitas gambar.

Untuk masalah mempercantik tampilan produk, seperti mengedit background, dan sebagainya yang berkaitan dengan editing foto secara menyeluruh mungkin akan saya sampaikan pada artikel terpisah.  Atau bahkan Anda mungkin sudah dapat melakukannya. Karena fitur save for web ini saya perhatikan beberapa teman yang sudah mahir editing foto pun tidak pernah menggunakannya. Jadi saya coba berbagi di sini semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Selamat mencoba, semoga toko online Anda akan semakin optimal penjualannya.